Keripik Tempe, LocalFood yang telah Mendunia

Produsen Tempe terbesar di dunia dan pasar kedelai terbesar di Asia adalah Indonesia. Tempe merupakan kedelai yang di fermentasikan menggunakan kapang aspergillus, sehingga terdapat kapang hifa keputih-putihan yang melekat di biji-biji kedelai. Asalnya pun dari negara Indonesia, pada saat era tanam paksa di jawa, di saat itu masyarakat jawa terpaksa menggunakan hasil pekarangan, seperti singkong, ubi, dan kedelai, sebagai sumber pangan.

Adapun beberapa tahap untuk membuat tempe yaitu dari perebusan, pengupasan, perendaman, dan pengemasan, pencucian, inokulasi dengan ragi, pembungkusan, dan fermentasi.

Perebusan

Pada tahap ini berfungsi untuk proses hidrasi, supaya biji kedelai dapat menyerap air sebanyak mungkin, serta berfungsi untuk menyerap asam pada tahap perendaman dan melunakkan biji kedelai.

Pengupasan

Selanjutnya yaitu tahap pengupasan. Pada tahap ini berguna untuk miselium fungsi dapat menembus biji kedelai selama proses fermentasi, juga terdapat cara untuk mengupas yaitu bisa dengan tangan, atau alat pengupas kulit biji.

Perendaman

Berikutnya adalah perendaman, tujuan lain perendaman ini untuk membiarkan terjadinya fermentasi asam laktat secara alami agar diperoleh keasaman yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fungi hidrasi biji kedelai. Selain itu proses fermentasi asam laktat ini bermanfaat untuk menghilangkan bakteri-bakteri beracun dan meningkatkan nilai gizi.

Pencucian

Sebelum pengemasan terlebih dahulu dicuci, agar biji kedelai tidak terlalu asam dan juga dapat menghilangkan kotoran yang mungkin dibentuk oleh bakteri asam laktat. Karena bakteri dan kotorannya dapat menghambat pertumbuhan fungi.

Inokulasi

Penambahan bahan baku yaitu laru atau ragi tempe. Spora kapang tempe dalam medium tepung juga berupa kapang yang tumbuh dan dikeringkan pada daun jati atau daun waru. Adapun 2 cara untuk melakukan inokulasi, yaitu:

(1) Menebarkan inokulum pada permukaan kedelai yang sudah dingin, selanjutnya dikeringkan dan dicampur rata sebelum dibungkus.
(2) Dicampur secara langsung pada saat perendaman,setelah itu dibiarkan lalu dikeringkan

Kemudian setelah inokulasi, yaitu pembungkusan. Untuk fermentasi biji-biji kedelai ditempatkan atau dibungkus dalam wadah. Berbagai macam pembungkus atau wadah yang dapat digunakan seperti daun pisang, daun jati, daun waru, plastik, gelas. Untuk pertumbuhan kapang tempe, sehingga menggunakan wadah yang bisa memungkinkan untuk masuknya udara atau oksigen pada tempe. Salah satu cara yaitu dengan memberikan lubang-lubang kecil pada bahan pembungkus yaitu ditusuk-tusuk sebelum dijadikan Produk.

Setelah itu biji kedelai yang telah dibungkus dibiarkan untuk fermentasi. Jika ingin lebih cepat pada proses fermentsi ini, membutuhkan suhu yang tinggi dan banyak inokulum. Namun juga ada acara tradisional menggunakan laru dari daun sehingga menghabiskan waktu kurang lebih 36 jam.

Setelah menjadi tempe barulah diolah Kembali menjadi kripik tempe. Sebelum membuat kripik tempe, terlebih dahulu memilih tempe yang benar-benar padat. Pemilihan tersebut berguna pada saat pemotongan tempe yang tipis-tipis, sehingga tidak mudah putus saat di potong.

Adapun bahan-bahan untuk membuat kripik tempe antara lain yakni, tempe, tepung beras, maizena, lembar daun jeruk, tak lupa pula bumbu-bumbunya, bawang putih, kemiri, ketumbar bubuk,garam, soda kue, air. Selanjutnya tentang Langkah-langkah atau tips and trik agar tidak gagal dalam membuat kripik tempe ini yaitu,

  1. Potong tempe setipis mungkin
  2. Campurkan bawang putih dan kemiri kemudian haluskan, dan tambahkan ketumbar bubur serta garam
  3. Campurkan tepung beras dan tepung maizena, masukkan bumbu halus dan air. Kalau bisa dibuat encer seperti membuat rempeyek ya.
  4. sebelum memasukkan tempe ke minyak panas, terlebih dulu masukkan ke adonan tepung dan bumbu tadi, usahakan menggunakan minyak yang banyak agar tempe terendam semua pada minyaknya

Nahh itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana tempe itu dibuat hingga cara membuat olahan tempe menjadi keripik tempe yang sering kita nikmati. Untuk anda tidak usah bingung-bingung membuat keripik tempe sendiri, karena sudah ada keripik tempe dari Buahtangan yang siap anda nikmati sebagai camilan atau pendamping makan anda bersama keluarga tercinta. Selain murah, makanan ini juga menyehatkan pas untuk dikonsumsi setiap hari untuk keluarga anda.

Leave a Comment