Apel Mengandung Sianida? Berikut Tips agar Buah Apel Aman Dikonsumsi

Description: Jarang Bertemu Dokter Berkat Manfaat Apel - Alodokter

Apel merupakan salah satu buah yang paling populer di berbagai belahan dunia. Banyak sekali penelitian yang mengilhami bahwa buah apel mempunyai segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Pasalnya, karena banyaknya manfaat dari buah apel bagi kesehatan, buah ini diklaim dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Yap, faktanya buah apel yakni tinggi akan serat, vitamin C, dan berbagai macam antioksidan. Menurut berbagai penelitian, satu buah apel mengandung 95 kalori, yang sebagian besarnya, bermuasal dari kandungan karbohidrat yang berada di dalamnya. Kendati tinggi kalori, buah ini merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah apel  juga kaya akan air karena kurang lebih 86 persen kandungan dalam apel adalah air.

Tapi dibalik itu, ternyata mengonsumsi buah apel tidak boleh sembarangan loh! Agar kandungan yang terdapat dalam buah apel dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, mengonsumsi buah apel tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kendati demikian, nutrisi yang dimiliki buah apel akan terbuang sia-sia sehingga buah apel tak lagi bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips yang harus kalian ketahui jika ingin mengonsumsi buah apel secara rutin agar tidak kehilangan manfaatnya;

Pilih Apel yang Segar

Tips yang pertama ialah menyeleksi buah apel yang segar,  karena buah apel yang segar atau fresh memiliki kandungan nutrisi yang maksimal di dalamnya. Jikalau memilih buah apel, pastikan  warnanya yang terang dan tidak terlihat ada memar di permukaan atau kulit luarnya. Apel yang segar biasanya memiliki tekstur daging buah yang lebih padat.

Jaga Apel Agar Tetap Segar

Tips selanjutnya yang harus kita perhatikan dalam mengonsumsi buah apel ialah tentang menjaga buah apel agar tetap segar. Kandungan dalam buah apel akan tetap terjaga selama disimpan dalam lemari es  cukup dengan suhu 2 hingga 4 derajat Celsius saja. Jadi, jangan biarkan buah apel berlama-lama di suhu ruang ya! karena jika dibiarkan berlama-lama kandungan dalam buah apel akan rusak dan menghilangkan manfaat dan nutrisi di dalamnya.

Cuci Apel Sebelum Dikonsumsi

Tips ketiga ialah cuci dengan bersih terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir dan bila perlu menggunakan cairan pembersih buah. Bagian tengah serta biji dari buah apel juga sebaiknya dibuang saja karena mengandung racun sianida yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu akan membahayakan bahkan berakibat fatal bagi tubuh kita.

Makan Apel di Waktu yang Tepat

Tips selanjutnya adalah makan apel di waktu yang tepat. Ternyata mengonsumsi buah apel pada malam hari bisa meningkatkan kandungan gas pada perut loh! Hal itu akan mengakibatkan kualitas tidur kita akan terganggu. Atau bisa dibilang, kurang direkomendasikan untuk mengonsumsi buah apel pada malam hari.

Waktu paling baik untuk mengonsumsi buah apel ialah pada pagi hari atau bisa dijadikan sebagai camilan antara jadwal makan harian agar mendapatkan khasiat terbaiknya. Namun, kita juga harus mengonsumsi makanan seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna untuk dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Dengan mengikuti tips di atas, manfaat dari buah apel akan didapatkan dengan optimal dan tubuh kita akan menjadi sehat!

Buah apel juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak loh! Seperti apple strudel, apple pie, roti goreng apel hingga keripik apel. Tentunya khasiat yang dimiliki apel tidak hilang setelah diolah menjadi berbagai macam makanan tersebut. Salah satunya keripik apel produksi dari @buahtangangrup. Dengan berbahan dasar apel Malang, membuat rasa dari keripik ini sangat lezat. Soal rasa tidak usah diragukan lagi, produk dari @buahtangangrup pasti juara!

Leave a Comment